TRANSLATE BAHASA
Selasa, 24 Mei 2011
ZULQARNAIN,MODE PENGUASA ADIDAYA
ASSALAMU'ALAIKUM WRWB
SOBAT,MUNGKIN KITA SUDAH TIDAK ASING DANGAN ISTILAH ADIDAYA MISALNYA:NEGARA ADIDAYA.YUP,ADIDAYA ADALAH KONOTASI SANGAT MENGAGUMKAN BAAGI SIAPAPUN YANG MENDENGARNYA SEHINGGA BERDECAK KAGUM.
MENURUT SOBAT,SIAPAKAH PENGUASA ADIDAYA YANG SEJATI DAN TERKENAL SEPANJANG MASA.APAKAH PENGUASA ADIDAYA ROMAWI?PERSIA?ATAU ZAMAN SEKARANG AMERIKA SERIKAT?
MARI KITA TELAAH SEJARAH YANG TERCANTUM DIDALAM AYAT SUCI ALQUR'AN.SIAPAKAH PENGUASA ADIDAYA TERSEBUT?TIDAK BUKAN,DIALAH ZULQARNAIN.
JIKA KITA CERMATI PEMAPARAN ALQUR'AN TENTANG KISAH ZULQARNAIN SANGATLAH UNIK.PENGUASA BESAR YANG KERAJAANNYA TERBENTANG DARI TIMUR HINGGA BARAT INI DICERITAKAN HANYA DALAM ENAM BELAS AYAT (QS AL-KAHFI:83-98).ITUPUN TANPA MENJELASKAN IDENTITAS LENGKAP,MASA PEMERINTAHAN,DAN LOKASI KERAJAANNYA.KEUNIKAN INI BUKAN TANPA ALASAN.SAYYID QUTHB MENJELASKAN DALAM AZH-ZHILAL,BAHWA MEMANG DEMIKIANLAH KARAKTER UMUM KISAH-KISAH ALQUR'AN.TUJUAN UTAMANYA BUKANLAH ASPEK KESEJARAHAN MELAINKAN PELAJARAN(IBROH) YANG DAPAT DIPETIK DIDALAMNYA.
ZULQARNAIN ADALAH PENGUASA ADIDAYA.ALQURAN MENGGAMBARKAN DENGAN SINGKAT TAPI JELAS."SESUNGGUHNYA KAMI TELAH MEMBERI KEKUASAAN KEPADANYA DIMUKA BUMI,DAN KAMI TELAH MEMBERIKAN KEPADANYA JALAN(UNTUK MENCAPAI)SEGALA SESUATU.'(QS AL-KAHFI;840).AYAT-AYAT BERIKUTNYA SEMAKIN MENGUKUHKAN KEKUASAAN TERSEBUT.ZULQARNAIN MELAKUKAN PERJALANAN JAUH KE UJUNG BARAT DAN UJUNG TIMUR,LALU PERJALANAN JAUH LAINNYA KE SEBUAH NEGERI ASING.LANTAS,APA PELAJARAN YANG BISA KITA PETIK DARI KISAH PENGUASA BESAR TERSEBUT?
PERTAMA,AZAS PERADABAN ZULQARNAIN ADALAH ILMU.MNURUT IBNU ABBAS,SEPERTI DINYATAKAN IBNU KATSIR DALAM AT-TAFSIR,AS-SABAB YANG DIBERIKAN ALLAH KEPADA ZULQARNAIN ADALAH ILMU.DENGAN ILMU INILAH,ZULQARNAIN MENINGKATKAN KEMAMPUAN(ALQUDRAH)DAN MENGEMBANGKAN SARANA(AL-ALAH)SEHINGGA MAMPU MENCAPAI KEMAJUAN-KEMAJUAN BESAR DALAM PEMERINTAHANNYA.
KEDUA,MENEGAKKAN KEBENARAN DAN KEADILAN BERDASARKAN NILAI-NILAI WAHYU.FALSAFAH HUKUM ZULQARNAIN ADALAH MENGHAPUS KEZALIMAN DENGAN MENJATUHKAN SANKSI BERAT MEKEPADA PELAKUNYA DAN MEMBERI BANYAK KEMUDAHAN KEPADA ORANG-ORANG YANG GEMAR KEBAIKAN.(QS ALKAHFI:87-88).
KEBIJAKAN MACAM INI SANGATLAH EFEKTIF DALAM MEMBANGUN KEKUATAN DALAM NEGERINYA.KARENA KETIKA ORANG-ORANG BAIK MENDAPAT TEMPAT,KEMUDAHAN,DAN BALASAN YANG SETIMPAL,SEMENTARA ORANG-ORANG ZALIM MENERIMA SANKSI,DIPERMALUKAN,DAN DIJAUHKAN DARI LINGKAR KEKUASAAN,MAKA RAKYAT AKAN TERMOTIVASI UNTUK SEMAKIN BAIK DAN PRODUKTIF.DEMIKIAN YANG DIUNGKAPKAN SAYYID QUTHB DALAM AZH-ZHILAL.
KETIGA,MENJUNJUNG KESETARAAN,BERBAGI KEMAJUAN,DAN MEMAKMURKAN DUNIA DENGAN TETAP BERSIKAP RENDAH HATI.INILAH PRINSIP KEBIJAKAN LUAR NEGERI ZULQARNAIN.TERLEBIH LAGI DENGAN NEGARA YANG LEBIH KECIL,DAN LEMAH.
DALAM PERJALANAN KETIGA,ZULQARNAIN TIBA DISEBUAH NEGERI YANG MESKIPUN INDAH DAN KAYA AKAN SUMBER DAYA ALAMNYA,TAPI MASYARAKATNYA LEMAH DAN TERBELAKANG.DIKATAKAN LEMAH,KARENA MEREKA SERING MENJADI SASARAN KEGANASAN YA'JUJ DAN MA'JUJ,DAN TIDAK BERDAYA UNTUK SEKEDAR MEMPERTAHANKAN DIRINYA.MEREKA JUGA TERBELAKANG DALAM BANYAK BIDANG TERUTAMA BUDAYA DAN TEKNOLOGI.
ADA DUA INDIKATOR KETERBELAKANGAN YANG DIPAPARKAN ALQUR'AN.PERTAMA MEREKA TIDAK MENGUASAI BAHASA ZULQARNAIN SEHINGGA SULIT UNTUK BERKOMUNIKASI DENGAN PENGUASA BESAR TERSEBUT.PADAHAL SEBAGAI PENGUASA PERADABAN DUNIA KALA ITU,BAHASA ZULQARNAIN ADALAH BAHASA INTERNASIONAL YANG SANGAT POPULER.KEDUA,KETIKA MEREKA MEMINTA BANTUAN ZULQARNAIN UNTUK MELINDUNGI MEREKA DARI YA'JUJ DAN MA'JUJ,MEREKA HANYA MENGAJUKAN PEMBANGUNAN SEBUAH TEMBOK BIASA(AS-SADD).PADAHAL SAAT ITU ZULQARNAIN TELAH MENGUASAI TEKNOLOGI KONSTRUKSI TEMBOK DENGAN MATERIAL BERLAPIS YANG JAUH LEBIH KUAT(AR-RADM).
KARENA LEMAH DAN TERBELAKANG,WAJAR JIKA MASYARAKAT INI MEMANFAATKAN MOMENTUM KEDATANGAN ZULQARNAIN,SANG PENGUASA ADIDAYA,UNTUK MENGIBA,DAN MEMOHON BANTUAN,AGAR DAPAT BERTAHAN DAN HIDUP LEBIH AMAN.UNTUK MEMENUHI HAJAT ASASI INI,MEREKA PUN NEKAT MEMBAYAR JASA ZULQARNAIN DENGAN KEKAYAAN ALAM MEREKA(AL-KHARJ/AL-KHARAJ).
APA SIKAP ZULQARNAIN?DISINILAH ZULQARNAIN MENUNJUKKAN KEBESARANNYA SEBAGAI PENGUASA ADIDAYA.DIA MENOLAK TEGAS BAYARAN TERSEBUT.BAGINYA,KEKUASAAN TIDAK IDENTIK DENGAN KESERAKAHAN.KELEMAHAN DAN KETERBELAKANGAN BANGSA LAIN TIDAK DILIHAT SEBAGAI KESEMPATAN EMAS UNTUK MENGEKSPLOITASI DAN MENGERUK HABIS KEKAYAAN ALAMNYA UNTUK MENUNJANG KESEJAHTERAAN NEGARA MAJU.BAGI ZULQARNAIN,KEKUASAAN DALAH AMANAH PERADABAN DARI ALLAH SWT YANG MANFAATNYA HARUS DIRASAKAN OLEH SELURUH PENDUDUK DUNIA."...APA YANG TELAH DIKUASAKAN OLEH TUHANKU KEPADAKU TERHADAPNYA ADALAH LEBIH BAIK(DARIPADA BAYARAN ITU).(QS AL-KAHFI:95)
ZULQARNAIN TIDAK HANYA MEMBERI BANTUAN GRATIS,TAPI JUGA MELIBATKAN PENDUDUK SETEMPAT DALAM PROYEK BERTEKNOLOGI TINGGI YANG DIBANGUNNYA.ARTINYA ADA UPAYA PENGALIHAN TEKNOLOGI DAN PENINGKATAN KEMAMPUAN MASYARAKAT TERBELAKANG TANPA PAMRIH APAPUN.SIMAKLAH ARAHAN-ARAHAN ZULQARNAIN BERIKUT:
"MAKA TOLONGLAH AKU DENGAN KEKUATAN(MANUSIA DAN ALAT2),AGAR AKU MEMBUATKAN DINDING ANTARA KAMU DAN MEREKA.BERILAH AKU POTONGAN-POTONGAN BESI.HINGGA APABILA BESI ITU TELAH SAMA RATA DENGAN KEDUA BELAH PUNCAK GUNUNG ITU,BERKATALAH ZULQARNAIN,"TIUPLAH API ITU."HINGGA APABILA BESI ITU SUDAH MENJADI MERAH SEPERTI API,DIA PUN BERKATA,"BERILAH AKU TEMBAGA9YANG MENDIDIH0AGAR KUTUANGKAN KE ATAS BESI PANAS ITU."(QS AL-KAHFI:95-96)
DEMIKIANLAH KETELADANAN YANG DIBERIKAN PENGUASA ADIDAYA YANG SHALIH.KEKUASAAN TIDAK MENJADI ALAT NEGARA MAJU UNTUK TETAP TAMPIL SEBAGAI 'NEGARA BESAR',MELAINKAN AMANAH PERADABAN YANG HARUS BERUBAH MENJADI RAHMAT BAGI SELURUH ALAM.
SOBAT BISA MELIHAT PERBEDAAN ANTARA PENGUASA ADIDAYA YANG SHALIH DENGAN PENGUASA ADIDAYA YANG KAFIR.SEMOGA KISAH TERSEBUT BERMANFAAT BAGI KITA SEMUA.AMIN.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar